Kapolda Banten Hadiri Rakornas BNPB di JIExpo Kemayoran

Tiennews.com||-JAKARTA,Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Rakornas tersebut digelar untuk penguatan koordinasi penanggulangan bencana. Acara ini digelar di Arena Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (02/03).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir langsung membuka kegiatan tersebut didampingi Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Medan Bobby Nasution serta jajaran BNPB, BPBD se-Indonesia, serta forkopimda se-Indonesia.

Rakornas tersebut bertema ‘Penguatan Resiliensi Berkelanjutan dalam Menghadapi Bencana’. Dalam Rakornas ini, juga akan ada pameran industri kebencanaan tingkat Asia dan Global Forum for Sustainable Resilience (GFSR).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan BNPB, BPBD, TNI dan Polri jangan hanya fokus pada pelaksanaan tanggap darurat saja tetapi harus mengutamakan aspek pencegahan. “Belajar dari pengalaman gempa cianjur menimbulkan banyak korban jiwa, kerusakan infrastruktur, kerugian harta benda, mulai saat ini kita harus berusaha untuk memperkuat bangunan-bangunan yg sudah berdiri baik bangunan fasilitas umum, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan dan lain-lain,” kata Jokowi.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto membenarkan dirinya mengikuti kegiatan tersebut. “Hari ini saya menghadiri kegiatan Rakornas BNPB yang digelar di Arena Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Saya juga didampingi dengan beberapa Pejabat Utama dan Kapolres serta Kapolresta jajaran Polda Banten,” ucap Rudy.

Kemudian Kapolda Banten menyampaikan kesiapsiagaan dan penanganan bencana alam di Indonesia termasuk Provinsi Banten merupakan tanggung jawab bersama antara BNPB, Pemda dan unsur terkait lainya bahkan masyarakat sekalipun harus menjaga lingkunganya agar tidak terjadi bencana. “Dalam hal penyelenggaran penanggulangan bencana tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi oleh segenap komponen bangsa. Semoga saja dengan menghadiri Rakornas BNPB ini, kita dari Polda Banten banyak mendapat manfaat dan pengetahuan terkait bagaimana mengatasi bencana, serta mencari solusinya,” tutup Rudy. (Bidhumas).