Berita UmumSerang

Permudah Akses Masyarakat, Kini Polda Banten Miliki Aplikasi BOS

Serang-Dalam rangka meningkatkan layanan kepolisian bagi masyarakat dan juga internal polisi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meluncurkan aplikasi Binmas Online System Versi 2.0 (BOS V2) pada tahun 2021 lalu.

Aplikasi BOS ini merupakan aplikasi yang menudukung kinerja Bhabinkamtibmas. Aplikasi BOS ini dapat di Download di Play Store dan juga dapat dilihat di website https://bos.polri.go.id/login. “Aplikasi ini digunakan untuk membuat laporan terkait dengan kegiatan-kegiatan Bhabinkamtibmas yang ada di sektor polisi terdepan di tingkat desa,” ujar Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto.

Sofwan juga mengatakan bahwa seluruh informasi yang ada bisa terlapor ke pusat. Sehingga bisa disatukan dalam satu sistem big data, yang selanjutnya dapat dilakukan prediksi-prediksi oleh bidang intelijen. “Sehingga kita bisa melakukan perkiraan-perkiraan terkait dengan masalah- masalah gangguan kamtibmas yang akan terjadi,” jelas Sofwan.

Selain itu, Aplikasi BOS ini juga dapat di akses oleh masyarakat tertentu seperti Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas, Polisi Khusus (Polsus), Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI). Namun masyarakat tersebut bisa mengakses jika sudah di daftarkan oleh Bhabinkamtibmas.

Meski demikian, dengan hadirnya aplikasi ini tidak mengurangi layanan kepolisian yang secara langsung (offline). “Kami tetap perintahkan kepada seluruh anggota untuk turun ke masyarakat supaya terus memberikan pelayanan terbaik,” ujar Sofwan.

Sofwan mengatakan bahwa aplikasi BOS V2 adalah sistem aplikasi untuk memperbaiki pelayanan kepolisian agar bisa optimal. “Harapan kami dengan layanan baik, masyarakat dan Polri makin dekat dan Polri makin dicintai masyarakat,” tutupnya. (Bidhumas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *